Niat Shalat Maghrib 3 Raka'at Lengkap

Ofasholatan - Sholat maghrib merupakan salah satu shalat wajib 5 waktu dalam sehari semalam. Shalat ini terdiri dari 3 raka'at dengan mengeraskan bacaannya di dua raka'at pertama dan memelankan bacaannya diraka'at terakhir atau raka'at ketiga, khususnya untuk bacaan Surat Al-Fatihan dan Ayat/Surat Al-Qur'an setelah Fatihah.

Waktu pelaksanaan shalat maghrib yaitu ketika matahari terbenam hingga hilangnya mega merah. Untuk lebih jelasnya mengenai waktu sholat maghrib, alangkah baiknya teman-teman silakan pelajari artikel saya yang berjudul: Awal dan Akhir Waktu Sholat Maghrib

Seperti pada umumnya, melafadzkan niat sholat maghrib tempatnya juga bukan di lisan melainkan di dalam hati, sehingga tidak akan dapat pahala apabila niat kita hanya terucap pada lisan dan tidak masuk ke dalam hati. Untuk itu, sebelum melakukan niat sholat hendaknya terlebih dahulu menenangkan hati dan pikiran yaitu bisa dengan membaca Surat An-Naas.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bahwa jumlah sholat maghrib yaitu 3 raka'at, dan dapat dilakukan secara sendirian ataupun berjama'ah baik itu sebagai imam atau sebagai ma'mum, yang mana hal ini harus kita tentukan terlebih dahulu, karena lafadz niatnya akan berbeda sesuai dengan kondisi sholat kita (apakah sholat sendirian atau sholat berjama'ah)

lafadz niat sholat maghrib lengkap 3 raka'at sebagai imam, makmum dan sendirian
Ilustrasi: Niat Sholat Maghrib 3 Raka'at
  • Niat Shalat Maghrib sebagai Imam
    Jika salah satu diantara kita menjadi imam dalam berjama'ah sholat maghrib, maka lafadz niatnya adalah sebagai berikut :
    اُصَلِّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً إِمَامً ِللهِ تَعَالَى
    USHOL-LII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA ROKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA
    Artinya :
    Saya shalat fardu maghrib tiga raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala
  • Niat Sholat Maghrib sebagai Ma'mum
    Namun apabila kita sholat maghrib secara berjama'ah dan menjadi ma'mum, maka lafadz bacaan niatnya adalah sebagai berikut :
    اُصَلِّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
    USHOL-LII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA ROKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA
    Artinya :
    Saya shalat fardu maghrib tiga raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala
  • Niat Shalat Maghrib Sendirian
    Sedangkan jika kita sholat maghrib sendirian atau tidak berjama'ah, maka lafadz niatnya adalah sebagai berikut :
    اُصَلِّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى
    USHOL-LII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA ROKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA'AALA
    Artinya :
    Saya shalat fardu maghrib tiga raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala

Itulah lafadz niat sholat maghrib 3 raka'at lengkap sebagai imam, makmum atau sendirian yang harus kita amalkan sesuai dengan jenis sholat kita, apakah sholat sendirian atau secara berjama'ah.

Bagi teman-teman yang ingin belajar dan/atau mempelajari ulang bagaimana cara melaksanakan sholat maghrib, silakan teman-teman bisa pelajari "Tata Cara Sholat Maghrib Lengkap 3 Raka'at"

Perlu diketahui, bahwa salah satu syarat sah sholat adalah niat. Dan niat ini tidak bisa gugur atau digantikan kecuali jika seseorang kehilangan akalnya. Jadi, melakukan sholat tanpa ada niat maka kita telah meninggalkan syarat sahnya sholat sehingga sholatnya tidak sah.

Demikian yang dapat saya share tentang Niat Sholat Fardhu Maghrib pada kesempatan yang baik ini. Silakan untuk dipelajari dan juga dikoreksi bersama, karena saya disini tidak bermaksud menggurui, akan tetapi saya juga belajar sekaligus berbagi. Jadi, apabila ada kesalahan mari kita saling mengingatkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel