Niat Shalat Isya' Lengkap 4 Raka'at

Ofasholatan - Seperti yang kita ketahui bahwa sholat isya jumlahnya ada 4 raka'at, dapat dikerjakan secara berjama'ah baik itu menjadi imam maupun menjadi makmum dan juga bisa dikerjakan secara sendirian. Adapun bacaan niat sholat isya adalah sebagai berikut :

  1. Lafadz Niat Sholat Isya Sendirian
    اُصَلِىّ فَرْضَ الْعِشَآءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَآءً ِللهِ تَعَالَى
    USHOL-LII FARDHOL ISYAA'I ARBA'A ROKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA'AALA
    Artinya :
    Saya shalat fardu isya empat raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala
  2. Lafadz Niat Sholat Isya sebagai Makmum
    اُصَلِىّ فَرْضَ الْعِشَآءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَآءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
    USHOL-LII FARDHOL ISYAA'I ARBA'A ROKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA
    Artinya :
    Saya shalat fardu isya empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala
  3. Lafadz Niat Sholat Isya sebagai Imam
    اُصَلِىّ فَرْضَ الْعِشَآءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَآءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى
    USHOL-LII FARDHOL ISYAA'I ARBA'A ROKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA
    Artinya :Saya shalat fardu isya empat raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

Itulah bacaan niat sholat fardhu isya' 4 raka'at sebagai makmum, imam maupun sholat isya sendirian. Silakan teman-teman sesuaikan saja.

Bacaan Niat Sholat Fardhu Isya 4 Raka'at lengkap penjelasannya
Ilustrasi: Niat Sholat Isya 4 Raka'at
Sebagaimana yang sudah saya share pada artikel-artikel sebelumnya, bahwa niat dalam sholat wajib untuk dilakukan, karena ini merupakan syarat sahnya sholat yang tidak bisa digantikan, yang mana tempatnya (niat) berada di dalam hati bukan di lisan.

Dalam prakteknya, melaksanakan sholat isya' dianjurkan pada akhir waktu, hal ini lebih bermanfaat untuk menjernihkan batin dari kesibukan-kesibukan yang melupakan Allah SWT dan memotong waktu untuk bercanda setelah isya'. Akan tetapi perlu dicatat, mengakhiri sholat isya bisa membuat sedikit jamaahnya, padahal sholat berjama'ah itu pahalanya jauh lebih besar dibandingkan dengan sholat sendirian.

Selain itu, alasan lainnya yaitu sebagaimana dijelaskan dalam hadits Abu Barzah yang artinya "Sesungguhnya Rasulullah SAW memakruhkan (membenci) tidur sebelum sholat isya dan bercanda setelahnya. (HR. Bukhari dan Muslim)".
Lebih jelasnya mengenai anjuran tersebut serta untuk memahami kapan waktu sholat isya di mulai dan berakhir, silakan teman-teman pelajari artikel terdahulu saya yang berjudul: "Awal Waktu Sholat Isya dan Akhir Waktu isya"

Seperti diketahui, sholat fardhu isya terdiri dari 4 raka'at dengan mengeraskan bacaannya pada dua raka'at pertama dan memelankan bacaannya pada dua raka'at terakhir serta duduk tasyahud dua kali. Untuk lebih memahami pelaksanaan shalat isya, sebaiknya teman-teman pelajari: "Panduan Tata Cara Sholat Isya Lengkap 4 Raka'at"

Demikian yang dapat saya share pada kesempatan yang penuh barokah ini untuk dapat kita pelajari bersama-sama. Disini saya tidak bermaksud menggurui, akan tetapi kita belajara bersama, maka dari itu apabila dalam penulisan saya terdapat banyak kesalahan, saya mohon untuk di ingatkan, sehingga bisa dikoreksi untuk kebaikan kita bersama. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel